Rabu, 19 Juni 2013

Sindrom Laki-laki Super atau Sindrom Jacobs (47 XYY)


Pengertian
Sindrom laki-laki super ditemukan oleh P.A. Jacobs tahun 1965. Pada sindroma XYY, seorang bayi laki-laki terlahir dengan kelebihan kromosom Y. Oleh karena itu, sindrom ini terjadi pada manusia yang berjenis kelamin laki-laki. Laki-laki biasanya hanya memiliki 1 kromosom X dan 1 kromosom Y, digambarkan sebagai 46, XY. Pria dengan sindroma XYY memiliki 2 kromosom Y dan digambarkan kariotipenya sebagai 47, XYY. Kelainan ini ditemukan pada 1 diantara 1.000 pria.
            Sindrom xyy merupakan kelainan yang terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma dengan kromosom YY. Sebuah aneuploidy ( nomor abnormal ) dari kromosom seks di mana sebuah laki-laki manusia menerima sebuah y-chromosome ekstra, memberikan total 47 kromosom, yang biasanya hanya 46 kromosom.

Penyebab
Sindrom Laki-laki Super (47 XYY) dapat terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma dengan kromosom YY              ( akibat mengalami gagal barpisah pada kromosom seksnya). Pembuahan tersebut menghasilkan keturunan dengan 47 kromosom ( terdiri atas 44 autosom dan 3 kromosom seks, yaitu XYY.

Ciri-Ciri
Genotip :
*      skor IQ rata-rata 47 (IQ ± 90 (10-15 < rata-rata normal))
*      Kariotip umumnya 47,XYY
*      Kromatin X (-) dan Y (++)
*      Insiden ð 1 : 1.000 kelompok laki-laki
Fenotip :
*      Postur tubuh tinggi (>180 cm)
*      Postur tubuhnya normal, tetapi berat badannya relatif lebih rendah jika dibandingkan terhadap tinggi badannya. (Keterlambatan perkembangan dan masalah perilaku juga memungkinka)
*      Raut muka asimetris
*      Telinga cenderung lebih panjang
*      2-4% dalam LP dan Mental Hospital
*      Perkembangan seks normal, testosteron normal (Pria XYY tidak mandul, mereka memilki testis yang berukuran normal serta memiliki potensi dan gairah seksual yang normal)

Karakteristik Perilaku
*      Tingkah laku eksplosif, hiperaktif, agresif, psikopat, dan Suka melawan hukum
*      Pada saat lahir, bayi biasanya tampak normal, lahir dengan berat dan panjang badan yang normal, tanpa kelainan fisik dan organ seksualnya normal.
*      Pada masa kanak-kanak, mereka lebih aktif dan cenderung mengalami penundaan kematangan mental, meskipun fisiknya berkembang secara normal dan tingkat kecerdasannya berada dalam kisaran normal.
*      Aktivitas yang tinggi dan gangguan belajar akan menimbulkan masalah di sekolah sehingga perlu diberikan pendidikan ekstra.
*      Pada awal masa kanak-kanak, penderita memiliki kecepatan pertumbuhan yang pesat, rata-rata mereka memiliki tinggi badan 7 cm diatas normal.

Pengobatan
*      Mereka cenderung mengalami keterlambatan dalam kematangan emosi dan cenderung mengalami kesulitan belajar di sekolah sehingga perlu dirangsang sejak dini dan adekuat.
*      Anak laki-laki XYY yang tumbuh di dalam lingkingan yang baik, dengan cinta, dukungan rangsangan yang mereka perlukan, tidak akan mengalami kelainan jiwa.
*      Pria XYY Tumbuh dalm lingkungan yang jelek, tanpa cinta, rangsangan dan dukungan, memiliki resiko mengalami kelainan jiwa dan gangguan dalam bersiosialiasasi; tetapi mereka tidak memiliki resiko menderita skizofrenia, kelainan manik-depresi maupun kelainan jiwa yang serius lainnya.
*      Mereka bisa dibantu melalui penyuluhan dan pengobatan psikolog-psikiater.


Daftar Pustaka
Buku ESIS Biologi Kelas XII
dan lain-lain


(kritik dan saran saya harapkan, jika ada kekeliruan mohon maaf karena saya pun masih dalam proses belajar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STUDY TOUR

STUDY TOUR
kunjungan ke BMKG (December, 2011)

~TRISET~ TOUR

~TRISET~ TOUR
Sawarna - Banten, Indonesia

STUDY TOUR

STUDY TOUR
at PANGANDARAN (Green Canyon. December, 2012)